Promo

Kerusakan Komputer

Seringkali kita menghadapi permasalahan pada komputer salah satu diantaranya adalah Booting Gagal, Komputer Selalu Restart Ulang.

Gejala :
Ketika melakukan proses Booting berjalan dan menampilkan layar Windows XP Start Up, tiba-tiba muncul blue screen dan komputer restart ulang. Dan berulang terus, utk yang baru pertama kali menhadapi situasi ini pasti akan terkaget kaget (+ jantung deg-deg an) bingung dan tidak tahu harus melakukan tindakan apa!! Ingat segala sesuatunya harus dihadapi dengan ketenangan.
Solusi :

Permasalahan di atas seringkali terjadi karena kerusakan file Kernel32.dll. Amati apakah pada blue screen yang muncul terlihat pesan “This error can occured if the Kernel32.dll file is missing or damaged”. Jika ternyata memang file Kernel32.dll mengalami kerusakan, janganlah terburu-buru untuk melakukan instalasi ulang Windows XP. Jika anda langsung melakukan install ulang dan sering kali opsi ini yang dipilih maka boleh dikatakan ilmu anda tidak akan bertambah, opsi install ulang hanya dilakukan jika memang kondisinya sudah tidak mungkin lagi dilakukan perbaikan dengan opsi lain. Selain penyelesaian tersebut akan membutuhkan waktu yang lama (jika opsi install ulang yang anda pilih) karena Anda tidak hanya melakukan installasi ulang sistem operasi tetapi juga aplikasi.
Anda bisa melakukan perbaikan Windows dengan mengkopikan atau mengekstraksi kembali file Kernel32.dll dari master original Windows XP. Untuk itu lakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Anda dapat menggunakan Recovery Console untuk melakukan perbaikan sistem. Recovery Console merupakan salah satu fasilitas Windows yang dapat digunakan untuk melakukan restore file-file system dari CD master Windows dan dimasukkan ke harddisk dimana Windows berada sebagai sebuah sistem operasi. Pada saat start-up Windows, pilih Recovery Console. Pilihan tersebut akan memunculkan Command prompt.
  2. Pada Command Prompt yang muncul, ketikkan perintah sebagai berikut: CDWindows(enter), CD System32 (enter)
  3. Ubahlah nama [kernel32.dll] yang lama menjadi [kemel32.old]. Caranya ketik perintah [ren kernel32.dll kemel32.old lalu tekan [enter]
  4. Ketik [map] tanda dan kemudian tekan [enter]
  5. Catatlah posisi drive CD-ROM yang didalamnya terdapat CD Windows XP. misalnya drive: F (jika berada di drive F)
  6. Lakukan ekstraksi kernel32.dll dengan mengetikkan sebagai berikut: [expand i386kernel32.dl_ ] dimana menunjukkan posisi drive CD master Windows XP dan jangan lupa tekan ENTER. Sebagai contoh, ketik: [expand f:i386kernel32.dl_ [enter] Catat bahwa karakter sesudah huruf “L” adalah”_”. Pengetikkan di atas jika berhasil akan diikuti pesan “Kernel32.dll, 1 file(s) expanded”.
  7. Ketikkan [exit] dan komputer akan melakukan restart.

Yang menjadi masalah adalah bahwa mungkin saja Windows XP pada komputer Anda tidak memiliki fasilitas Recovery Console karena pada saat instalasi tidak disertakan. Anda dapat memulainya dari CD Windows XP. Untuk melakukannya ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Masukkan CD Windows XP dan lakukan re-start komputer. Jangan lupa untuk melakukan semua setting yang diperlukan pada BIOS untuk membuat boot dari CD.
  2. Perhatikan layar pada saat proses setup Windows yang dijalankan. Ketika bagian yang berbasis teks dari Setup dimulai, pilih opsi repair or recover dengan menekan tombol “R”.
  3. Ketika muncul prompt, ketikkan password Administrator dari Windows XP Anda. ( jika pada installasi sebelumnya menggunakan password Administrator)
  4. Setelah itu Anda bisa langsung mengetikkan perintah-perintah Recovery Console. Ketik [help] untuk mengetahui perintah-perintah yang disediakan dan ketik [exit] untuk mengakhir recovery console.

Lainnya Dari Solution



Delete this element to display blogger navbar

Daftar Isi

 
© 2010 Solution is proudly powered by Blogger