Promo

XP dan Vista Secepat Windows 7

Hal 2/3

PERFORMA KERJA: Untuk mengukur kinerja sistem operasi, Anda dapat menggunakan tools benchmarking. Pada XP dan Vista, Anda dapat memakai PCMark05 dan PCMark Vantage.

image008                                                                            PCMark 05

PCMark Vantage Both                                                                        PCMark Vantage


HASIL: Melalui PCMark05, Windows 7 ung­gul dengan 5.573 poin, disusul Vista 5.399 poin, dan XP 3.555 poin. Saat CHIP diukur dengan PCMark Vantage hasil yang muncul berbeda. Windows 7 mencapai 3.711 poin dan Vista 3.715 poin. Pengukuran ini memperhatikan beberapa hal, seperti kinerja sistem operasi ketika memutar file video High Definition dan ketika meng-copy gambar berukuran besar.

Tuning: Optimalisasi Vista dan XP

Proses booting dan kinerja Windows 7 menunjukkan hasil yang lebih baik dibandingkan XP. Seperti yang telah dising­gung sebelumnya, di sini akan menunjukkan bagaimana membuat proses booting dan kinerja XP setara Windows 7. Langkah yang sama juga dapat dilakukan pada Vista.

MEMBERSIHKAN: Untuk pengguna XP, terlebih dahulu singkirkan semua file sampah di hard disk dengan bantuan tools CCleaner. Bagi pengguna Vista, dapat menggunakan PC Cleaner (www.registrynerds.com). Selanjutnya, singkirkan juga file di registry yang tidak terpakai.

MERAMPINGKAN: Windows 7 terlihat lebih ramping karena Microsoft tidak lagi menyediakan beberapa program pendukung, seperti messenger, e-mail, dan Windows Movie Maker. Agar XP terlihat ramping, gantilah program-program “gemuk” dengan aplikasi alternatif. Misalnya, aplikasi Nero dan Acrobat Reader diganti dengan CDBurnerXP dan Foxit Reader.
Selanjutnya, melalui “Start | Control Panel | Add Remove Programs” singkirkan semua aplikasi yang tidak dibutuhkan. Anda juga dapat memberi tanda centang dalam boks Show Update. Gunanya, Anda dapat menampilkan update yang telah dilakukan, misalnya, Update for Windows XP (KB916595). Untuk menge­tahui lebih lanjut kegunaan update yang ditampilkan, Anda dapat mengklik Support Informations.
Untuk menyingkirkan beberapa service atau aplikasi yang tidak ingin dipakai, Anda dapat menggunakan tools XPLite pada XP. Dengan memilih tombol radio button Disabled, Anda juga dapat menonaktifkan Windows File Protection. Jika Anda menggunakan XPLite versi demo, Anda perlu mengklik Hide Professional Options. Sebab, beberapa aplikasi di Windows XP hanya dapat disingkirkan dengan XPLite versi penuh, misalnya Internet Explorer.

Lainnya Dari Solution



Delete this element to display blogger navbar

Daftar Isi

 
© 2010 Solution is proudly powered by Blogger